Syarat dan Larangan Pada Pemeriksaan GeNose

Syarat dan Larangan Pada Pemeriksaan GeNose – Halo sobat laborians, kalian pasti sudah mengenal alat GeNose c19 kan? Nah, belakangan ini GeNose juga sudah mulai diberlakukan di berbagai ruang publik, seperti stasiun dan bandara. Sebelum pemeriksaan tersebut, ada beberapa syarat dan larangan yang bisa kita terapkan. Bagaimana penjelasannya? Yuk kita simak artikel ini.

syarat-dan-larangan-pemeriksaan-genose
Alat GeNose

Pemeriksaan GeNose

Sebelum membahas syarat dan larangan pada pemeriksaan GeNose. Pertama-tama kita akan mengulas mengenai alat tersebut. Sebenarnya, apa sih GeNose itu? Bagaimana Pemeriksaannya?

Alat GeNose c19 adalah alat screening covid, yang ditemukan dan dikembangkan oleh peneliti UGM yakni Prof. Kuwat Triyana yang berbasis hembusan napas. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi senyawa Volatile Organic Compound (VOC), yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 dan keluar bersama udara melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus. Memangnya, apa itu VOC?

Baca juga : Jual Genose Harga Distributor, Paket Ekonomis dan Lengkap

VOC atau Volatile Organic Compund adalah senyawa organik yang mudah menguap, atau bisa dibilang senyawa organik yang memiliki tekanan uap tinggi pada suhu ruangan. Setelah itu, hembusan nafas diidentifikasi melalui sensor-sensor, yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (AI). AI inilah yang menjadi penentu adanya hasil positif atau negatif, data tersebut akan terlihat pada layar monitor yang digunakan.

Pada screening tersebut, kita juga harus memperhatikan syarat dan larangan pada pemeriksaan GeNose. Bagaimana penerapannya? Berikut jawabannya.

Syarat dan Larangan Pada Pemeriksaan GeNose

Syarat Pemeriksaan GeNose

Sebelum dilakukan tes, ada beberapa syarat pada pemeriksaan GeNose yang harus kita terapkan. Pertama, usahakan kita dalam keadaan sehat ya sobat, karena sebelum melakukan tes GeNose, kita terlebih dulu akan melakukan cek suhu oleh petugas pada tiap booth GeNose yang tersedia di ruang publik, baik di stasiun, bandara, hingga tempat wisata. Suhu yang disarankan untuk melanjutkan tes GeNose adalah suhu normal, yakni maksimal 37,3 derajat celcius.

Yang kedua, usahakan untuk berpuasa 30 menit sampai 1 jam sebelum pemeriksaan. Jadi, jika kalian akan melakukan tes GeNose di stasiun, persiapkan diri kalian dengan berpuasa terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar hasil screening yang didapat bisa maksimal. Mengapa demikian? Karena, makanan terakhir yang masuk ke dalam mulut kita dapat berpengaruh dengan sensor GeNose. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, GeNose sangat sensitif terhadap bau, baik itu makanan, ataupun minuman. Pembahasan mengenai bau ini akan kita lanjutkan pada larangan pada pemeriksaan GeNose berikut.

Larangan Pada Pemeriksaan GeNose

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang sebaiknya tidak dilakukan, atau larangan pada pemeriksaan GeNose. Jika kalian tidak berpuasa atau lupa untuk berpuasa sebelum pemeriksaan GeNose, sebaiknya kalian menghindari minuman yang memiliki bau khas, seperti kopi dan teh. Ya, kedua jenis minuman tersebut juga sensitif terhadap sensor GeNose, sehingga hasil pun tidak akurat dan bisa saja menghasilkan nilai positif palsu.

Tak hanya minuman dengan jenis bau khas, kalian juga sebaiknya menghindari makanan yang menyengat. Seperti apa jenis makanan yang menyengat tersebut?

Yang dimaksud makanan yang menyengat tersebut diantaranya ada petai dan jengkol. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kedua makanan tersebut menghasilkan after effect yang khas dari segi bau. Tak hanya makanan yang menyengat, merokok juga menjadi aktivitas yang harus dihindari sebelum melakukan tes GeNose. Hal tersebut dilakukan, karena sensor pada GeNose bisa dengan mudah mendeteksi hasil positif pada saat pemeriksaan , terlebih dengan bau khas dari minuman dan makanan tadi. Tentunya hal ini tidak diinginkan bukan? Jadi, usahakan hindari jenis minuman dan makanan tersebut sebelum pemeriksaan ya.

Baca Juga : Lama Waktu Screening Alat GeNose

Meskipun sudah diberitahu mengenai syarat dan larangannya, masih banyak calon penumpang yang tidak menjalankan aturan penggunaan GeNose dengan alasan waktu yang pendek, sehingga banyak yang terdeteksi positif Genose. Untuk itu, bagi kalian yang hendak melakukan tes, terapkan syarat dan larangan tadi ya.

Dan nantinya, jika kalian terdeteksi positif covid dari hasil GeNose, akan diminta untuk melakukan tes swab pcr untuk memastikan apakah dirinya positif terpapar covid-19 atau tidak.

Nah, jika kalian ingin mengetahui dan membutuhkan alat GeNose sebagai alat screening, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual alat GeNose c19 tersebut.  Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Tersedia demo unit jika anda ingin melihat terlebih dahulu. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu ya artikel mengenai”Syarat dan Larangan Pada Pemeriksaan GeNose“dalam pemeriksaan GeNose. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu kalian sebelum hendak melakukan pemeriksaan dengan alat GeNose ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat