Swab Antigen – Mengidentifikasi Virus COVID-19 dalam 15 Menit

Mengidentifikasi Virus Covid-19 dalam 15 Menit – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Sobat, di masa pandemi yang masih belum berakhir, tentu menimbulkan kekhawatiran yang berlebih. Apalagi kini, anda pasti sudah tidak asing dengan kata swab dan rapid test bukan? Nah, bagaimana sih kerja dari antigen yang digunakan tersebut? Lewat artikel ini, mari simak penjelasannya.

pengidentifikasi-virus-covid19
Pengidentifikasi Virus Covid19

Apa Itu Swab Antigen?

Sebelum membahas antigen, penulis akan bahas pengertian antigen dahulu ya. Antigen adalah zat yang dapat merangsang sistem imunitas tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagai bentuk perlawanan. Antigen di dalam tubuh manusia bisa berbentuk bakteri, virus, atau bahan kimia tertentuSwab antigen adalah tes diagnostik cepat covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus corona  pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan. Antigen ini akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi.

Pengujian yang juga dikenal dengan rapid antigen ini berbeda dengan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), meskipun sama-sama menggunakan metode swab. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan memahami perbedaannya, jangan sampai metode swab ini disamakan sebagai tes PCR. Swab antigen tetap membutuhkan metode swab dari hidung atau tenggorokan untuk mengambil sampel Antigen yang merupakan protein yang dikeluarkan oleh virus, termasuk Covid-19.

Mengidentifikasi Pasien Covid-19 Selama 15 Menit

Yap, swab antigen ini memiliki beberapa keuntungan, seperti hasil yang akurat, pengambilan sampel yang nyaman, identifikasi yang cepat bagi orang yang tertular dan lebih terjangkau. Tak hanya itu, pengecekan skala besar dengan swab antigen ini dapat membantu dalam mencegah penyebaran virus covid19.

Untuk Masyarakat Yang Terpapar Covid19

Swab antigen ini sudah pasti digunakan untuk masyarakat yang terpapar covid19. Lalu, apa perbedaannya dengan rapid antigen?

Nah, ini dia sobat. Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama pula, yakni untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus. Rapid antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti flu dan yang lainnya.

Kelebihan dari tes antigen ini juga relatif murah dan dapat digunakan di tempat-tempat perawatan. Alat yini juga dapat memberikan hasil diagnosis dalam waktu sekitar 15 menit. Namun, rapid test masih dianggap kurang akurat untuk menguji adanya covid pada seseorang.

Baca juga: Apa Itu Tes Swab Antigen?

Untuk melakukan pemeriksaan tersebut, sudah pasti anda butuh adalah alat swab antigen tersebut. Nah, jika anda membutuhkan alat ini bagi rumah sakit, klinik dan instansi lainnya,  PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan antigen kit tersebut sobat. Silahkan menghubungi kontak kami via WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679 ke office kami atau berkunjung ke kantor kami. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai “ Mengidentifikasi Virus Covid-19 dalam 15 Menit ” ini , semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda mengenai antigen ya. Atau jika anda sudah pernah melakukan rapid dan swab antigen, boleh bagi pengalamannya di kolom komentar ya. Semangat terus sobat laborians! Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat