Reagen PCR Open System Untuk Pemeriksaan COVID19

Reagen PCRHalo labs, gimana kabar anda hari ini? Penulis doakan semoga dalam keadaan sehat selalu. Oke, pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang “Reagen PCR Open System Untuk Pemeriksaan COVID19“. Pembahasan artikel ini akan mengacu pada apa itu reagen pcr, sekilas tentang alat pcr, daftar reagen pcr, rekomendasi reagen pcrkisaran harga reagen pcrgambar penyimpanan reagen pcr dan daftar lengkap reagen pcr. Perlu anda ketahui, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual alat real time pcrreagen pcr dan consumable lainnya. Untuk kemudahan konsultasi silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

reagen-pcr-sansure-biotec-rekomendasi-bnpb

Apa Itu Reagen PCR

Oke, kita akan mulai bahas dari reagen dulu. Reagen adalah suatu bahan kimia(biasanya berupa cairan) yang digunakan untuk mereaksikan suatu sample. Nama lain reagen adalah reaktan(reactant) atau pereaksi kimia. Dalam bahasa yang lebih sederhana, reagen adalah suatu bahan kimia dengan kemurnian tertentu untuk menganalisis suatu sample.

Jika kita mengacukan kepada kata reagen pcr, maka reagen pcr adalah suatu zat kimia dengan kemurnian tertentu untuk menganalisa sample dengan alat pcr. Saat ini penggunaan alat real time pcr banyak difokuskan pada pemeriksaan virus corona, maka reagen pcr tersebut perlu untuk analisa virus corona.

Gimana, sudah ada gambaran tentang reagen? Point pentingnya, reagen pcr adalah bahan kimia untuk analisa sample dengan alat pcr. Adapun sample yang bisa dianalisa oleh alat pcr selain virus corona adalah virus hepatitis, virus herpes, dll. Artinya untuk menganalisa sample virus corona perlu reagen pcr virus corona, untuk virus hepatitis perlu reagen pcr virus hepatitis dan lainnya.

Berikut adalah cuplikan video singkat bentuk box reagen pcr tersebut :

Sekilas Tentang Alat PCR

Pada pembahasan point ini, kita akan membahas sedikit tentang alat PCR. Alat ini memiliki nama lengkap Real Time Polymerase Chain Reaction, supaya lebih singkat orang menyebutnya dengan alat PCR, alat RT-PCR atau mesin PCR. Alat PCR ini bekerja dengan menganalisa DNA atau RNA pada suatu sample. Dalam pemeriksaan sample virus corona, alat ini bekerja dengan menganalisa RNA virus corona. Mekanisme kerjanya ialah dengan amplifikasi atau perbanyakan RNA virus.

gambar-alat-pcr-untuk-pemeriksaan-covid

 

Penggunaan alat PCR ini perlu dioperasikan oleh tenaga ahli, karena memang perlu pengetahuan lebih lengkap dibanding alat laboratorium umum lainnya. Pelatihan atau training user perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum pengguna menganalisa sample virus. Dalam hubungannya dengan pemeriksaan covid, alat ini perlu instrument pendukung seperti :

  1. Mesin Extraksi RNA
  2. Bio Safety Cabinet
  3. Laminar Air Flow
  4. Autoclave
  5. Mikropipet
  6. Freezer, dll

Selain membutuhkan instrument pendukung, desain ruangan laboratorium pemeriksaan covid juga disesuaikan agar user menjadi safety dalam bekerja. Informasi pentingnya untuk alat pcr dan mesin extraksi membutuhkan reagen pcr dan reagen extraksi yang sesuai dengan spesifikasi alat. Penjelasan lebih lengkap mengenai alat pcr akan penulis sertakan pada link bagian bawah artikel ini.

Daftar Reagen PCR

Jenis alat pcr sesuai penggunaan reagennya dibagi menjadi 2, yakni:

  1. Open System PCR
  2. Close System PCR

Penjelasan mengenai open system pcr adalah pcr yang bisa menggunakan berbagai brand reagen untuk proses analisanya. Sedangkan jenis close system pcr adalah pcr yang hanya bisa digunakan dengan brand reagen yang telah ditentukan.

daftar-reagen-pcr-rekomendasi-bnpb

Kembali ke topik pembahasan mengenai daftar reagen pcr, berikut ini penulis informasikan 5 daftar reagen pcr yang bisa digunakan untuk pemeriksaan corona virus:

  1. Allplex 2019-nCoV assay – Seegene, Inc,.
  2. Novel Coronavirus (2019-nCov) Nucleic Acid Diagnostic Kit (PCR-Fluorescene Probing) – Sansure Biotech, Inc.,
  3. Abbott RealTime SARS-CoV-2 EUA test – Abbott Molecular Inc.,
  4. Novel Coronavirus (2019-nCov) Real Time Multiplex RT-PCR kit – Da An Gene Co., Ltd of Sun Yat-sen University,
  5. Novel Coronavirus 2019-nCov Nucleic Acid Detection Kit (Fluorescene PCR Method) – Shanghai GeneoDx Biotechnology Co., Ltd,

Daftar tersebut penulis dapat dari website pemerintah covid19.go.id, silahkan klik tautan tersebut jika ingin melihat daftar lebih lengkap. Dari daftar reagen pcr tersebut tentu anda sebagai pembaca ingin mengetahui packing atau box reagen tersebut. Berikut penulis lampirkan 2 gambar reagen pcr untuk pemeriksaan covid19 :

reagen-pcr-brand-allplex-korea-selatan-apm
Contoh box reagen pcr merk allplex
reagen-pcr-sansure-biotec-rekomendasi-bnpb-untuk-rumah-sakit
Contoh box reagen pcr merk sansure biotech

Mungkin jika diantara pembaca ada yang memiliki pengalaman menggunakan reagen merk lain bisa mengisi kolom komentar. Penggunaan reagen tambahan pada pemeriksaan covid bisa mempersingkat waktu analisa. Jika anda menggunakan mesin ektraksi RNA sebelum menganalisa sample dengan alat pcr, anda perlu juga menggunakan reagen extraksi. Berikut adalah gambar reagen extraksi yang biasanya digunakan pada mesin autopure 32:

reagen-pcr-extration-system-sansure-biotec2211
Contoh box reagen extraksi untuk mesin autopure32

Penggunaan reagen extraksi ini untuk mempersingkat waktu pemurnian RNA virus, kisaran lama prosesnya sekitar 30 menit untuk 32 sample. Kombinasi penggunaan mesin extraksi dan reagen extraksi akan sangat membantu user dalam bekerja. Untuk teknis penggunaan baik reagen pcr maupun reagen extraksi mungkin akan penulis buat pada artikel lainnya.

Rekomendasi Reagen PCR

Oke, pada point ini penulis mencoba memberikan rekomendasi dari sudut pandang penulis yang bekerja di distributor alat laboratorium. Point paling penting dalam memilih reagen untuk alat real time pcr adalah kecocokan reagen dan instrument. Jika anda menggunakan alat yang bersifat close system, maka gunakan reagen dengan brand yang sesuai, tidak bisa diganti reagen brand lain, hal ini bersifat mutlak. Jika anda menggunakan open system pcr artinya anda memiliki lebih banyak pilihan reagen. kecocokan antara reagen dan instrument umumnya hanya bisa diketahui oleh teknisi atau tim aplikasi pcr. Setidaknya dibutuhkan testing atau trial sebelum memastikan reagen tersebut bisa digunakan pada instrument pcr.

Hal kedua yang perlu diperhatikan ialah kemudahan penggunaan reagen pcr. Kondisi ini perlu diperhatikan juga karena akan berpengaruh pada user yang bekerja dengan alat pcr. Pastikan melakukan proses trial reagen dan pelatihan untuk user agar mengerti bagaimana cara bekerja dengan suatu reagen. By the way, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menyediakan solusi lengkap pemeriksaan covid. Mulai dari swab tools, VTM, mesin extraksi, RT-PCR, reagen dan consumable lainnya. Hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740 kami sekarang untuk berdiskusi seputar alat pcr atau reagen yang anda butuhkan.

Point ketiga yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan reagen. Dengan jumlah ketersediaan reagen yang cukup, anda bisa memprediksi kapan reagen tersebut habis, dan kapan perlu melakukan order kembali. Karena reagen ini merupakan consumable yang mudah rusak, pastikan menyimpan pada freezer atau refrigerator sesuai dengan petunjuk penyimpanan.

Kisaran Harga Reagen PCR

Pembahasan mengenai kisaran harga reagen pcr ini biasanya paling ditunggu-tunggu oleh bagian pengadaan, purchasing ataupun supplier. Proses pemeriksaan covid akan dimulai dengan swab test, alatnya bernama swab tools. Swab tools anggaplah cotton bud kecil yang dimasukan lewat hidung(nasofaring) dan lewat tenggorokan(orofaring) untuk mengambil sample. Setelah sample didapat, ujung swab tools akan dipatahkan dan dimasukan ke VTM(Viral Transport Medium). Satu tube VTM biasanya digunakan untuk satu sample, yang itu artinya jika terdapat 100 orang yang perlu di test, membutuhkan 100 VTM.

Setiap sample pada VTM perlu di preparasi jika anda menggunakan proses manual. Namun jika menggunakan mesin extraksi, proses ini akan lebih singkat. Ingat, untuk mempercepat proses ini anda membutuhkan mesin extraksi dan reagen extraksi. Setelah proses extraksi selesai barulah didapat RNA sample. RNA sample tersebut akan dimasukan ke mesin pcr dengan bantuan reagen pcr untuk dianalisa positif atau negatif.

Dari uraian singkat di atas, penulis mencoba menjelaskan setidaknya membutuhkan 2 swab tools, VTM, reagen extraksi dan reagen pcr. kisaran harga untuk daftar tesebut berada di angkat 14-15 jutaan untuk 24 test. Yang itu artinya sekitar 500 – 600 ribu per test. Harga ini merupakan price list yang penulis ketahui, tentunya ada diskon dan bisa diberikan berdasarkan jumlah pembelian atau metode pembayaran.

Oh ya, ada hal yang perlu anda ketahui mengenai reagen extraksi maupun reagen real time pcr ialah berlaku kelipatan pembelian. Maksud dari hal ini ialah, sebagai pembeli anda mesti melakukan pembelian per box. Misalnya 1 box untuk 24 sample, maka kelipatan pembelian anda ialah 120 test atau 5 box, 240 test atau 10 box, dst.

Untuk melakukan order reagen pcr bisa menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium di nomor telepon : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

Gambar Penyimpanan Reagen PCR

Berikut adalah beberapa gambar yang mewakili penyimpanan reagen alat real time pcr pada refrigerated atau freezer :

reagen-sansure-10

reagen-pcr-polymerase-chain-reaction-gambar-di-kantor-3

reagen-pcr-polymerase-chain-reaction-gambar-di-kantor-1

reagen-pcr-polymerase-chain-reaction-gambar-di-kantor-2

Daftar Lengkap Reagen PCR

Oke, pembahasan pada bagian ini semoga bisa memberikan informasi tambahan mengenai reagen untuk alat real time pcr. Penulis coba buatkan dalam bentuk list yang terdiri dari nama produk, nama perusahaan dan negara asal. Berikut daftarnya:

  1. Abbott RealTime SARS-CoV-2 EUA test – Abbott Molecular Amerika Serikat. Untuk informasi tambahan mengenai abbott molecular dan hubungannya dengan alat pcr atau reagen pcr silahkan klik link : Abbott Molecular.
  2. Allplex 2019-nCoV assay – Seegene, Inc„ Korea Selatan. Untuk informasi tambahan mengenai seegene dan hubungannya dengan alat pcr atau reagen pcr silahkan klik link : Seegene.
  3. Atila iAMP COVID-2019 Detection Kit – Atila BioSystems, Inc., Amerika Serikat. Untuk informasi tambahan mengenai atila biosystem dan hubungannya dengan alat pcr atau reagen pcr silahkan klik link : Atila BioSystems.
  4. COVID- 19 Hybrid Capture Fluorescence Immunoassay Test – Anbio (Xiamen) Biotechnology co. Ltd, China
  5. DiaCarta’s QuantiVirusTMSARS-CoV-2 Test – Next Pharma Inc„ Amerika Serikat
  6. DiaPlexQN Novel Coronavirus (2019-nCoV) Detection Kit – Solgent Co.Ltd, Korea Selatan
  7. Liferiver Novel Coronavirus (2019-nCoV) Real Time Multiplex RT-PCRr kit – Shanghai ZJ Bio-Tech co. Ltd, China
  8. Novel Coronavirus (2019-nCoV) Nucleic Acid Diagnostic Kit (PCR+luorescence Probing) – Sansure Biotech, Inc. China
  9. Novel Coronavirus (2019-nCOV) Real rime Multiplex RT-PCR kit – Da An Gene co. Ltd Of Sun Yat-sen University, China
  10. Novel Coronavirus 2019-nCoV Nucleic Acid Detection Kit (Fluorescent PCR Method) – Shanghai GeneoDx

Daftar Artikel Berhubungan

Berikut adalah daftar artikel lainnya yang bisa anda baca dan berhubungan dengan covid dan pcr :

Demikian pembahasan mengenai apa itu reagen pcr, sekilas tentang alat pcr, daftar reagen pcr, rekomendasi reagen pcr dan kisaran harga reagen pcr. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan wawasan baru untuk anda. Mohon saran dan masukan dengan mengisi kolom komentar. Sekian dan tentu saja terima kasih.

Ditulis : YAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat