Mengenal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Vaksin Covid-19

Mengenal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua sehat selalu ya. Pernahkah kalian mendengar KIPI? KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah suatu bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang telah disuntikkan. Mengapa hal tersebut terjadi? Nah, untuk mengetahui jawabannya kita simak penjelasannya dalam artikel ini ya.

mengenal-kejadian-kipi
Mengenal Kejadian KIPI

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi

Vaksinasi di Indonesia saat ini sudah banyak diberlakukan. Tapi tahukah anda bahwa ada istilah seputar vaksinasi yang juga tak luput dari perhatian? Yakni KIPI. Apa itu KIPI?

KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah suatu bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang telah disuntikkan. Memangnya, kenapa sih hal ini terjadi? Hal ini terjadi karena pemberian vaksin dapat memicu reaksi efek samping pada sebagian orang.  Efek samping yang muncul bisa bermacam-macam. ada yang ringan, bersifat sementara, dan umumnya bersifat sementara. Terdapat beberapa reaksi yang dapat muncul setelah pemberian vaksin COVID-19, diantaranya ada reaksi lokal (seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada lokasi penyuntikan), sistemik (demam, nyeri otot di seluruh tubuh, nyeri sendi, tubuh terasa lemah, dan sakit kepala), hingga yang tergolong serius seperti urtikaria, syok anafilaktik, dan pingsan.

Meskipun ada yang tergolong serius, KIPI yang parah masih jarang terjadi. Jika hal ini terjadi, anda akan diminta menunggu oleh petugas kesehatan selama 30 menit, hal ini bertujuan untuk memantau ada tidaknya keluhan setelah vaksinasi.

Gejala KIPI Pasca Vaksinasi

Gejala KIPI pasca vaksinasi ini masih bisa terjadi. Dan ada yang bersifat ringan, lokal hingga sistemik. Seperti yang telah dijelaskan, KIPI ringan bersifat lokal dapat berupa kemerahan, pembengkakan di area tubuh, hingga rasa nyeri dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi setelah vaksinasi ataupun imunisasi.

Lalu, bagaimana dengan sistemik?

Nah untuk sistemik ini berbeda sobat. Respon sistemik dapat berupa respon yang sedikit lebih serius, seperti munculnya demam, lemas, sakit kepala hingga rasa tidak enak badan. KIPI ringan ini biasanya akan muncul setelah diberikan vaksin, dan sifatnya sesaat. Hal ini dapat membaik dengan cepat dengan pengobatan pertama.

Kalau gejala KIPI berat?

Untuk gejala KIPI berat ini cenderung langka terjadi, tapi juga dapat menimbulkan dampak yang serius. KIPI yang berat pada umumnya dapat disebabkan oleh respon sistem imun terhadap vaksin, dan dapat menyebabkan reaksi alergi yang berat terhadap bahan vaksin itu sendiri. Gejala yang dihasilkan bisa menurunkan trombosit, menyebabkan kejang, hingga hipotonia. Bagi anda yang sudah di vaksin, apakah juga ada yang merasakan gejala KIPI ini?

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat PCR

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Mengenal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi  . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat