Kenali Daftar Vaksin Yang Diperlukan Usia Anak

Kenali Daftar Vaksin Yang Diperlukan Usia Anak – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua sehat dan bahagia selalu ya. Kali ini penulis akan masih membahas mengenai vaksin. Sobat, vaksin ini sudah dikenal sejak dulu dapat memberikan kekebalan tubuh bagi tiap individu, termasuk pada usia anak. Lalu, vaksin apa saja yang diperlukan pada usia anak? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

kenali-daftar-vaksin-yang-diperlukan-anak
Kenali Daftar Vaksin Yang Diperlukan Usia Anak

Pentingnya Vaksin Bagi Tubuh

Indonesia dan seluruh negara saat ini sedang menerapkan vaksinasi covid-19. Seperti yang kita ketahui, vaksin adalah produk biologis berisi virus yang dilemahkan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Vaksin ini menjadi salah satu hal yang sebaiknya dilakukan. Terutama yang saat ini sedang banyak dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, yakni vaksin covid-19.

Vaksin tak hanya dibutuhkan bagi orang dewasa, tapi juga pada usia anak. Dalam vaksin ini, terdapat beberapa vaksin yang sejak usia dini wajib diberikan. Hal ini juga dikenal dengan sebutan imunisasi dasar. Apa saja? Berikut daftar vaksin yang diberikan :

Daftar Vaksin Yang Diperlukan Usia Anak

Berdasarkan data yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, berikut jenis-jenis vaksin atau imunisasi yang diperlukan usia anak :

Hepatitis B

Pertama ada hepatitis B. Vaksin Hepatitis B menjadi yang sangat penting diberikan. Mengapa? Karena vaksin ini menjadi yang pertama diberikan 12 jam setelah bayi lahir. Pemberian vaksin ini akan dilanjutkan pemberiannya ketika bayi memasuki umur 1 bulan, kemudian 3 bulan dan berlanjut pada 6 bulan. Fungsi dari imunisasi atau vaksin ini tentu saja untuk menghindari penyakit hepatitis B.

DPT

Kedua ada vaksin DPT . Vaksin ini merupakan kombinasi yanng digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Diantaranya ada difteri, pertusis atau batuk rejan hingga tetanus. Vaksin DPT ini diberikan, karena penyakit-penyakit yang disebutkan tadi sangat mudah menyerang bayi dan anak. Dan yang perlu diketahui, vaksin DPT ini dapat diberikan secara bersamaan dengan vaksin hepatitis B.

BCG

Ketiga ada vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin). Vaksin ini sebenarnya sudah bisa didapatkan sejak usia lahir. BCG ini bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit tuberkolosis (TBC). Vaksin BCG ini akan diberikan pada bayi dengan usia diatas 3 bulan.

Campak

Keempat ada vaksin campak. Nah, untuk pemberian vaksin ini sebenarnya terjadi secara bersamaan atau bertahap.  Campak pertama diberikan ketika berusia 9 bulan, dan selanjutnya campak kedua akan diberikan ketika usia mencapai 6 tahun.

Polio

Kelima ada polio. Polio ini  merupakan imunisasi yang diberikan tentu saja untuk mencegah penyakit poliomielitis yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Itu dia beberapa vaksin yang wajib diberikan pada usia anak. Selain kelima vaksin tadi, sebenarnya masih ada beberapa vaksin yang juga baik diberikan dan perlu kita ketahui. Yang perlu diingat, vaksin-vaksin ini tidak wajib, tapi jika diberikan kepada usia anak juga tidak menimbulkan masalah. Diantaranya ada vaksin rotavirus yang melindungi anak dari gastroenteritis penyebab diare, vaksin hepatitis A untuk menurunkan risiko penyakit hepatitis A, vaksin varisela untuk mencegah virus penyebab cacar air, vaksin influenza untuk memberi perlindungan terhadap kanker serviks, hingga vaksin influenza.

Untuk anda yang sedang membaca artikel ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena kesehatan anda menjadi yang terpenting saat ini.

Baca Juga : Bio Safety Cabinet di Laboratorium

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Diantaranya, ada biosafety cabinet, alat PCR, hingga reagen pcr. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sumber dan Referensi : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Kenali Daftar Vaksin Yang Diperlukan Usia Anak . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat