Fungsi Alat GeNose Untuk Screening Covid19

Genose adalah alat screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang “Fungsi Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Artikel ini merupakan artikel versi singkat dari artikel utama yang membahas tentang alat genose c19. Jika anda ingin membaca artikel lebih lengkap silahkan klik tautan berikut : GeNose – Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19. Yuk kita lanjut pembahasannya.

PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual alat genose untuk kebutuhan anda. Alat genose biasanya digunakan di terminal, bandara, pelabuhan, stasiun, bioskop, tempat wisata, tempat hiburan, rumah sakit dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Tersedia demo unit jika anda ingin melihat terlebih dahulu. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Fungsi Alat Genose

Jika diantara anda ada yang belum mengerti mengenai apa itu genose bisa membaca point sebelumnya mengenai mengenal alat Genose. Fungsi alat genose adalah sebagai alat screening cepat untuk mendeteksi sars-cov2 melalui hembusan nafas pasien covid-19. Hal ini penulis ketahui setelah membaca buku panduan alat genose yang terdapat di ruang testing instrument. Berikut adalah tampilan cover buku panduan alat genose :

buku-panduan-alat-genose
Tampilan depan manual book alat genose

Seperti yang kita telah ketahui bahwa alat genose kembangkan oleh kampus UGM – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam proses hadirnya alat genose adalah Prof Drs Kuwat Triyana, M.Si., Ph.D. Penulis doakan semoga Prof Kuwat dalam kondisi sehat begitu pula dengan semua mahasiswa UGM. Mudah-mudahan kedepannya lebih banyak inovasi-inovasi alat baru berbasis artificial intelligence. Nah, kalau pak Prof Kuwat butuh alat laboratorium bisa menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium. Kami menjual berbagai alat laboratorium mulai dari HPLC, Spektrofotometer, Microplate Reader, PCR, dll. Untuk diskusi lebih lanjut bisa hubungi via WA : 087777277740 atau Telp : 0251-7504679. Aduh, maaf jadi malah promosi. #marketing.

Balik lagi ke pembahasan mengenai fungsi alat genose ya. Terdapat perbedaan yang sangat jelas antara penggunaan alat genose, rapid test dan swab test pcr. Metode pemeriksaan alat genose membutuhkan sample nafas pasien, metode pemeriksaan dengan rapid test menggunakan sample darah dari jari dan metode pemeriksaan swab test pcr menggunakan sample dari nasofaring pasien. Tentunya dari ketiga metode ini memiliki kelebihan dari setiap masing-masingnya. Genose memiliki sejumlah sensor yang diandalkan untuk mendeteksi VOC dari sample nafas.

Pemanfaatan Hidung Elektronik – Genose

Hidung elektronik berbasis sensor dan artificial intelligence sebetulnya bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti :

  • Pertanian. Seperti perlindungan tanaman, penyimpanan daging, makanan laut dan produk ikan, stres hewan, dan otentikasi herbal.
  • Makanan dan Kosmetik. Seperti otentikasi halal, kontaminasi makanan, karakteristik bau, kualitas penilaian kontrol, dan aditif wewangian.
  • Penyalahgunaan Narkoba. Seperti tes cepat untuk ganja, tes cepat untuk prekursor obat, dan tes obat urin.
  • Kesehatan. Seperti deteksi TBC melalui nafas, deteksi pneumonia, terutama dalam bidang diagnostik cepat suatu penyakit.

Dari beberapa informasi mengenai bidang pemanfaatan hidung elektronik, penggunaan genose dikhususkan hanya untuk deteksi covid-19.

Jika anda pernah mendengar istilah VOC dalam dunia medis, senyawa inilah yang digunakan untuk analisa oleh alat genose. Yang itu artinya cara kerja alat genose lah mendeteksi hembusan nafas pasien yang didalamnya terkandung voc.

Tujuan utama dari pembuatan alat genose ini sendiri awalnya ialah menyediakan alat screening yang murah, cepat, akurat dan non-invasif. Istilah non-invasif disini mengacu pada penggunaan sample berupa hembusan nafas, berbeda dengan swab test pcr dan rapid test.

Ditulis oleh : YAP

Sampai disini dulu pembahasan mengenai “Fungsi Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Apa anda sudah memiliki gambaran mengenai fungsi alat genose? Artikel selanjutnya kita masih membahas seputar alat genose, tepatnya bagian-bagian pada alat genose. Sekian dan tentu saja terima kasih.

 

WhatsApp chat