Bagaimana Prinsip Kerja Reagen Covid-19?

Bagaimana Prinsip Kerja Reagen Covid-19?Bagaimana prinsip kerja reagen covid-19? Reagen PCR memiliki prinsip kerja dengan 3 tahapan yang selama ini kita kenal, yakni pemisahan (denaturasi), penempelan (annealing) dan pemanjangan (extension). Bagaimana penjelasannya? Yuk simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

ilustrasi-pcr
Ilustrasi Alat PCR dan Reagen PCR

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai prinsip kerja reagen covid-19 , penulis ingin menginfokan bahwa PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat lab juga menjual alat pcr untuk pemeriksaan covid19. Bagi anda yang membutuhkan diskusi cepat bisa hubungi WA : 087777277740 atau Telp : 0251-7504679 atau Alamat di googlemaps. Informasi lengkap mengenai alat pcr penulis sertakan pada link berikut : Alat PCR, Reagen PCR dan Mesin Ekstraksi RNA

Pemisahan (Denaturasi) DNA Template

Denaturasi adalah proses perubahan struktur sekunder, tersier dan kuartener dari suatu molekul tanpa adanya pemecahan ikatan peptida. Denaturasi DNA template adalah proses terputusnya ikatan hidrogen antar basa yang terdapat dalam pasangan DNA. Untai ganda DNA templat dipisahkan dengan denaturasi termal (suhu 95°C).  Sampai di sini, proses berlanjut pada tahapan berikutnya yaitu penempelan primer.

Penempelan (Annealing) Primer

Selanjutnya adalah penempelan. Tahap ini merupakan tahap lanjutan dari terputusnya ikatan ganda DNA di Masing-masing untai tunggal DNA akan mengalami proses ‘pendinginan’ hingga mencapai suhu tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk memberi jeda bagi penempelan primer. Setiap untai tunggal DNA template akan ditempeli pasangan primer.  Ada dua jenis primer yang akan menempel, yaitu primer maju (forward primer) dan primer mundur (reserve primer).

Pemanjangan (Extension) Primer

Proses terakhir dari prinsip kerja reagen adalah pemanjangan. DNA polimerase ini digunakan untuk proses memperpanjang primer (extend primers) dengan adanya bantuan dari dNTPs (dATP, dCTP, dGTP dan dTTP) dan larutan buffer yang sesuai. Proses pemanjangan (extension) primer ini juga dikenal dengan istilah polimerisasi primer.

Jika anda masih kurang paham dengan penjelasan dan istilah-istilah di atas, anda bisa simak video di bawah ini untuk penjelasan prinsip kerja reagen dengan ilustrasi yang lebih sederhana ya. Check it out!

Jadi, pada dasarnya prinsip kerja reagen pcr ini meliputi 3 tahapan, yakni pemisahan, penempelan dan pemanjangan dari DNA. Sudah paham belum mengenai prinsip nya? Nah, kalau anda memiliki pendapat lain terkait reagen atau prinsip kerja reagen, boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya.

Baca Juga : Mengenal Alat Moisture Balance

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Bagaimana Prinsip Kerja Reagen Covid-19? “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay healthy guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat