Apa Itu Long Covid-19 dan Penjelasannya

Apa Itu Long Covid-19 dan Penjelasannya – Halo sobat laborians, bagaimana kabarnya? semoga anda semua sehat selalu ya. Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata “long covid-19”? Gejala yang panjang kah? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya berikut ini ya.

ilustrasi-covid-19
Apa Itu Long Covid-19 dan Penjelasannya

Apa Itu Long Covid-19?

Long covid-19 merupakan gejala yang menetap ataupun gejala baru yang terjadi pada penderita covid-19 dan berlanjut hingga lebih dari 28 hari sejak awal terinfeksi. Orang dengan long covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh maka tidak berpotensi untuk menularkan virus kembali. Dalam beberapa kasus, long covid-19 ini dialami oleh penyintas di usia 18-34 tahun.

Gejala Long Covid-19

Penderita long covid-19 memiliki gejala yang beragam. Sebagian dari gejala tersebut masih merupakan gejala covid-19 pada umumnya. Gejala yang sedikit berbeda bagi penderita long covid-19 diantaranya mudah lelah, kesulitan bernapas, anosmia, nyeri sendi, batuk, hingga sesak napas. Untuk lebih lengkapnya, gejala yang ditimbulkan seperti berikut :

  1. Anosmia atau hilangnya indra penciuman dalam mengidentifikasi adanya bau-bauan dari berbagai sumber, bisa dari makanan hingga aroma terapi.
  2. Yang kedua yakni kehilangan kemampuan mengecap atau yang bisa disebut dysgeusia, juga menjadi salah satu gejala yang sering ditemukan pada pasien dengan long Covid-19.
  3. Gejala selanjutnya yang sering muncul adalah batuk, sesak napas, nyeri otot, diare, mual, nyeri perut hingga gangguan saraf.
  4. Tak jarang pula muncul gejala-gejala lain seperti kesulitan berpikir, napas yang pendek, Hingga adanya gangguan irama jantung.

Dari keseluruhan gejala-gejala tadi, dapat menimbulkan beberapa gejala baru, seperti fatigue. Fatigue sendiri adalah kondisi dimana anda selalu merasakan kelelahan fisik seperti  lelah, lesu, lunglai hingga memicu depresi.

Solusi Yang Dapat Anda Lakukan

Yang menjadi pertanyaan kita saat ini, apakah solusi yang dapat kita lakukan?

Untuk menghindari terjadinya fatigue karena efek long covid-19 ini, anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini :

Berpikir Positif

Hal pertama yang harus kita ingat dan terapkan adalah berpikir positif. Ya, berpikir positif memiliki andil yang besar dalam meningkatkan imunitas lho. Jadi, usahakan untuk tetap berpikir positif agar imunitas anda meningkat ya.

Hindari Stres

Ini mungkin termasuk yang sulit dilakukan bagi sebagian orang, padahal ini termasuk sesuatu yang penting diterapkan bagi penyintas covid-19 lho. Apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari stres ini?

Anda bisa melakukan hobi ringan seperti mendengarkan lagu dan membaca buku. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari stres yakni dengan tetap berkomunikasi dengan teman dan kerabat terdekat. Karena posisinya masih terbilang penyintas covid-19, anda tetap bisa terhubung lewat telepon dengan orang-orang tercinta.

Mengonsumsi Banyak Vitamin

Mengonsumsi banyak vitamin memang sangat dianjurkan bagi seorang penyintas covid-19, apalagi bagi penderita long covid-19 ini. Lantas, apakah kita harus mengonsumsi vitamin setiap saat?

Tentu tidak ya sobat, anda bisa mengonsumsi asupan lain yang memiliki banyak vitamin, seperti sayuran hingga buah-buahan.

Lakukan Olahraga Ringan

Kegiatan terakhir yang bisa anda lakukan adalah olahraga ringan. Seperti apa olahraga ringan tersebut?

Olahraga ringan yang dimaksud bisa dengan streching. Tapi, yang perlu diingat, lakukan olahraga ini jika tubuh anda sudah memungkinkan ya, jangan sampai dengan olahraga ini justru akan menurunkan imunitas anda, karena berolahraga di kondisi yang tidak memungkinkan.

Long covid-19 ini memang masih terbilang jarang terjadi, tapi untuk mengantisipasi hal tersebut, anda bisa menerapkan poin-poin di atas ya.

Baca Juga : Informasi Lengkap Alat PCR

Jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solutionPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Ditulis Oleh : DNA 

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apa Itu Long Covid-19 dan Penjelasannya   . Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya terkait artikel ini di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat