Apa Itu Komorbid Kardiovaskular

Apa Itu Komorbid Kardiovaskular ? – Komorbid kardiovaskular adalah penyakit bawaan yang menyerang sistem kardiovaskular (jantung). Penyakit ini lebih umum terjadi pada pasien covid-19 daripada pasien yang sedang sakit kritis. komorbid kardiovaskular ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang patut diwaspadai. Bagaimana penjelasannya? Berikut ulasannya.

ilustrasi-jantung
Ilustrasi Jantung

Apa Itu Komorbid?

Kata komorbid sering muncul di masa pandemi covid-19 ini. Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan komorbid menjadi kelompok yang rentan. komorbid adalah penyakit atau kondisi yang muncul bersamaan pada individu. Secara sederhana, komorbid adalah penyakit penyerta.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai komorbid kardiovaskular, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  Alat PCR, Reagen PCR dan Mesin Ekstraksi RNAPT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Komorbid Kardiovaskular

Komorbid kardiovaskular adalah penyakit bawaan yang menyerang sistem kardiovaskular (jantung). Penyakit ini lebih umum terjadi pada pasien covid-19 daripada pasien yang sedang sakit kritis. Nah, penyakit komorbid kardiovaskular ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang patut diwaspadai, berikut penjabarannya.

1- Cedera Miokard

Yang pertama ada cedera miokard. Cedera miokard ini terjadi karena jantung mengalami peradangan. Gejala cedera miokard ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya badai sitokin, penurunan suplai oksigen, bahkan bisa diperparah oleh diabetes dan hipertensi. Jika anda penasaran dengan badai sitokin, bisa kunjungi artikel ini ya sobat “ Mengapa Bisa Terjadi Badai Sitokin dalam Tubuh? “.

2- Koroner Akut

Ketiga, ada koroner akut. Koroner akut ini dapat terjadi karena adanya aterosklerosis, yakni menyempitnya pembuluh darah akibat plak kolestrol yang menumpuk. Penyempitan ini akan berujung pada gejala serangan jantung, seperti sakit kepala hingga gagal jantung.

3- Trombo Emboli

Kedua, ada trombo emboli. Trombo emboli atau pembekuan darah ini dapat terjadi karena pengentalan darah akibat adanya inflamasi yang parah.

4- Gagal Jantung

Gagal jantung ini seringkali disebabkan oleh mengeras/melemahnya otot jantung. Pengerasan pada bagian kiri jantung menyebabkan sesak nafas dan tubuh lemas, sedangkan bagian kanan akan mengalami pembengkakan pada bagian tangan/kaki.

5- Aritmia

Menurut beberapa penelitian, aritmia jantung ini telah dilaporkan menjadi gejala utama covid-19 pada pasien tanpa demam atau batuk. Namun, adanya aritmia jantung pada pasien covid-19 masih belum pasti, karena aritmia juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lain.

Itulah 5 gejala komorbid kardiovaskular pada pasien covid-19. Kardiovaskular ini memang menjadi salah satu penyakit yang menjadi perhatian. Karena, efek penyakit kardiovaskular bawaan sangatlah berbahaya bila digabungkan dengan covid-19 yang menyerang sistem pernafasan dan imun kita. Hal inilah yang seringkali menjadi silent killer yang sangat cepat merenggut nyawa. Untuk itu, berikut ada beberapa cara mencegah penyakit kardiovaskular ini yang bisa anda terapkan.

Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Jelas sekali kalau pola makan yang sehat merupakan solusi utama selain obat dokter. Tapi selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa anda terapkah untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Berikut penjabarannya.

  1. Hindari lemak jahat & garam pada makanan olahan.
  2. Perbanyak konsumsi protein.
  3. Kurangi gula dapur dan karbohidrat simpel.
  4. Perbanyak antioksidan, vitamin & mineral.
  5. Konsumsi cukup prebiotik dan probiotik.

Baca Juga : Pencegahan Efektif Saat Sekolah Tatap Muka

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Jika anda memiliki pendapat lain terkait artikel komorbid kardiovaskular, boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apa Itu Komorbid Kardiovaskular ?  “. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay healthy guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat