Apa Itu Happy Hipoksia Pada Pasien Covid-19?

Apa Itu Happy Hipoksia Pada Pasien Covid-19 ? – Apa itu happy hipoksia? Mungkin itu yang sekarang terlintas di benak anda. Karena kondisi ini belakangan sedang ramai diperbincangkan. Happy hypoxia merupakan suatu kondisi berkurangnya kadar oksigen di dalam tubuh tanpa adanya gejala. Happy hipoksia pada pasien covid-19 akan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar. Bagaimana selengkapnya? Yuk simak  ulasannya berikut ini.

ilustrasi-happy-hipoksia-pada-pasien-covid
Ilustrasi di Masa Pandemi

Apa Itu Happy Hipoksia?

Dari namanya, sekilas mungkin happy hipoksia ini memiliki arti yang bahagia. Padahal nyatanya bukan lho. Happy hipoksia semakin dikenal di masyarakat karena seringkali dikaitkan dengan infeksi virus corona. Seperti yang kita tahu, covid-19 dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti demam, batuk, dan pilek. Bahkan pada kasus yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan sesak napas dan penurunan kesadaran akibat kekurangan oksigen, ini dia yang disebut happy hipoksia.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  PCR, PT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Nah, jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan dan organ tubuh, seperti kerja otak dan jantung. Ketika hal ini terjadi, fungsi organ akan terganggu sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Memangnya, apa saja gejala yang akan dialami?

Sebagian besar penderita happy hipoksia akan mengalami gejala sesak napas, lemas, kulit pucat, dan kuku hingga bibir yang nampak kebiruan. Jika sudah parah, hipoksia bisa membuat penderitanya mengalami penurunan kesadaran atau bahkan koma.

Penyebab Happy Hipoksia Pada Covid-19

Apa penyebab terjadinya happy hipoksia ini?

Happy hipoksia dapat terjadi akibat peradangan pada jaringan paru-paru yang disebabkan infeksi virus corona. Namun, ada pula beberapa pendapat yang menyatakan bahwa hal ini dapat terjadi karena adanya masalah pada sistem saraf, yang mengatur fungsi pernapasan dan kadar oksigen dalam darah.

Sehingga, penyebab dari happy hipoksia ini terletak pada sistem saluran pernapasan. Happy hipoksia tak memandang kondisi yang sedang dialami oleh pasien covid-19, baik yang memiliki gejala ringan, sedang hingga berat semuanya bisa saja terkena happy hipoksia ini. Oleh karena itu, pasien covid-19 sangat rentan untuk bisa terkena happy hipoksia, dan harus mendapat dukungan moril dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, kerabat dan teman-teman.

Cara Mencegah Happy Hipoksia 

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya happy hipoksia adalah dengan melakukan cek saturasi oksigen menggunakan oksimeter. Sudah tahukan apa itu oksimeter? Ya, oksimeter merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengetahui kadar saturasi oksigen pada tubuh. Dengan alat yang satu ini, anda dengan mudah bisa mengetahui kadar saturasi oksigen anda, apakah normal atau tidak. Nah, jika ternyata tidak normal dari biasanya, sebaiknya anda langsung menghubungi dokter terdekat untuk konsultasi ya. Good luck!

Baca Juga : Cara Mengenali Masker Medis Palsu di Pasaran

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Apa Itu Happy Hipoksia Pada Pasien Covid-19 ?  “. Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat