Alat Swab Test : Fungsi, Harga dan Cara Menggunakannya

Alat Swab Test – Halo sobat labs, gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya! Pada artikel kali ini kita akan mengulas sedikit tentang alat swab test. Point yang akan kita bahas apa itu alat swab test, fungsi alat swab test, harga alat swab test, cara menggunakannyaBy the way, sebagai informasi tambahan PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium memiliki solusi lengkap pemeriksaan covid, mulai dari vtm, alat swab test, mesin extraksi RNA, reagen extraksi, alat Real Time PCR, reagen pcr dan consumable lainnya. Untuk kemudahan konsultasi silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

alat-swab-test-virus-corona-swap-tools

Apa Itu Alat Swab Test

Oke, kita akan mulai dari informasi yang paling mendasar. Pemeriksaan covid 19 yang paling populer dibagi menjadi dua metode, yakni:

  1. Rapid Test
  2. Real Time PCR

Untuk sementara kita kesampingkan mengenai rapid test, karena ketika kita berbicara tentang swab test pasti akan berhubungan dengan Alat Real Time PCR. Alat swab test sendiri memiliki banyak makna yang bisa membuat orang awam menjadi kebingungan. Supaya lebih jelas dan mudah dimengerti, penulis coba jelaskan dengan bahasa yang mudah ya. Swab test atau dikenal dengan tes usap merupakan proses pengambilan sample yang dilakukan pada hidung dan tenggorokan. Dalam istilah yang lebih ilmiah disebut orofaring dan nasofaring. Nah alat swab test ini sering juga disebut swab tools. Tulisan yang sebenarnya tertulis pada kemasan ialah disposable sampling swab, yang artinya alat pengambilan sample sekali pakai.

Alat swab test ini masuk ke dalam kategori consumable karena hanya bisa digunakan satu kali. Setelah digunakan mesti dibuang dan dimusnakan dengan proses yang benar. Bentuk dari consumable ini seperti cotton bud dengan batang yang lebih panjang dan cukup fleksibel, sehingga nyaman ketika digunakan. Berikut ini video kemasan dari alat swab test :

Setelah mengerti mengenai alat swab test, anda perlu mengerti juga mengenai instrument pemerinsaan covid 19 supaya tidak tertukar. Instrument tersebut sering disebut RT-PCR atau Real Time Polymerase Chain Reaction. Instrument ini bekerja dengan cara menganalisa DNA atau RNA dalam suatu sample. Dalam proses runningnya instrument ini memiliki kapasitas hingga 96 wells, dengan lama proses sekitar 2 jam saja. Berikut gambaran bentuk instrument real time pcr :

gambar-alat-pcr-untuk-pemeriksaan-covid

Untuk artikel lengkap mengenai instrument tersebut penulis sertakan pada link berikut : Alat Real Time PCR – Instrument Utama Uji COVID19

Fungsi Alat Swab Test

Point selanjutnya yang akan kita bahas ialah fungsi alat swab test. Pada point sebelumnya, kita sudah mengerti bahwa swab test jika diterjemahkan ke versi bahasa Indonesia ialah tes usap. Fungsi consumable ini ialah untuk mengambil sample pada hidung dan tenggorokan. Dengan cara mengusap atau mengelap atau menyeka, supaya sample virus menempel pada kapas.

Dalam proses pengambilan sample ini anda akan merasa tidak nyaman, karena proses memasukan swab tools lewat hidung dan perlu didorong, usap, putar hingga dalam. Maaf untuk detail ketidaknyamanan-nya penulis tidak bisa menjelaskan. Jika diantara pembaca ada yang bisa bantu menjelaskan, silahkan isi kolom komentar ya.

Lanjut, setelah sample virus dirasa sudah didapat pada kapas swap tools. Ujung swap tools akan di patahkan, dan patahan kapas berisi sample akan dimasukan ke VTM. VTM adalah singkatan dari Viral Transport Media, sebuah tabung penyimpanan sample berisi cairan lengkap dengan tutup. Berikut adalah gambar bentuk vtm :

vtm-untuk-sample-swab-test-tes-usap

Dari banyak sample yang tersimpan pada VTM akan preparasi oleh user sehingga bisa masuk dan diproses dengan alat real time pcr.

Harga Alat Swab Test

Pembahasan kita lanjutkan ke kisaran harga alat swab test. Consumable yang satu ini cukup mudah ditemukan, dengan kategori yang cukup general. Artinya tidak perlu spek khusus atau brand khusus, namun biasanya dalam paket pembelian ada yang mesti include dengan vtm ataupun dijual terpisah. Satuan pembelian biasanya per box, ada yang 12, 24, 36 atau 48 per boxnya.

Berikut ini adalah kisaran harga alat swab test yang masuk dalam kategori consumable pemeriksaan covid 19 :

  1. 12 x 23.500 = 282.000
  2. 24 x 23.500 = 564.000
  3. 36 x 23.500 = 846.000
  4. 48 x 23.500 = 1.128.000

Jika di rata-rata harga alat swab per bh sekitar 23.500. Harga ini masih bersifat price list, yang artinya masih mungkin diberikan diberikan diskon sesuai dengan jumlah pembelian. Perlu anda ketahui, biasanya terdapat order minimun ketika melakukan pembelian consumable yang satu ini. Mungkin sekitar 500, 1000 atau bahkan 2000 bh.

Sebagai informasi tambahan PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium memiliki solusi lengkap pemeriksaan covid, mulai dari vtm, alat swab test, mesin extraksi RNA, reagen extraksi, alat Real Time PCR, reagen pcr dan consumable lainnya. Untuk kemudahan konsultasi silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

Jika anda ingin mengunjungi kantor secara langsung, untuk melihat demo unit atau melihat sample reagen silahkan mengunjungi kantor yang beralamat di : Villa Bogor Indah 2 (VBI 2), Blok BB2 No. 6, Kedunghalang, Bogor, INDONESIA. Link lokasi via google maps.

Cara Menggunakan Alat Swab Test

Oke, ini adalah sedikit informasi yang penulis ketahui tentang proses menggunakan alat swab test pada proses pengambilan sample. Berikut adalah tahapannya:

  1. Pastikan untuk melakukan pendataan setiap individu yang akan dilakukan swab test. Sebagian data ini nantinya akan dituliskan pada tube VTM agar mudah mengklasifikasikannya terkait tanggal, waktu, nama individu, dll.
  2. Lakukan pengambilan sample sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh instansi. Jika perlu menggunakan 2 alat swab untuk sample hidung dan tenggorokan, maka siapkan di awal.
  3. Letakan(dengan cara dipatahkan) kapas swab test ke dalam VTM segera setelah pengambilan sample. Sisa batang swab tools, buang pada tempat yang telah disediakan.
  4. Lakukan proses pemeriksaan sample pada VTM sesegera mungkin. Jika dirasa sample akan diakumulasikan terlebih dahulu baru diproses secara bersamaan, maka simpan sesuai ketentuan. Pada beberapa literatur yang pernah penulis baca, suhu yang ideal untuk penyimpanan VTM ialah 0°C hingga -20°C. Jika akan disimpan dalam waktu yang sangat lama, lakukan pada suhu -70°C. Informasi ini penulis dapat dari manual book vtm merk mole.
  5. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan yang menurut penulis penting ialah : User atau petugas pengambil sample perlu terlatih. Menggunakan masker, sarung tangan dan alat pelindung diri yang relevan dengan situasi sample. Pastikan untuk tidak menyentuh kapas swab tools baik sebelum ataupun setelah sample di ambil. Pastikan untuk tidak menggunakan swab tools dan langsung membuangnya setelah digunakan.

Informasi tambahan mengenai cara menggunakan swab tools. Mungkin ada informasi tambahan lainnya, seperti jangan menggunakan swab tools jika kemasan diterima dalam keadaan rusak. Jika diantara para pembaca ada yang lebih kompeten dalam proses pengambilan sample dengan swab tools, silahkan bantu isi kolom komentar.

Daftar Artikel Berhubungan

Berikut adalah daftar artikel lainnya yang bisa anda baca dan berhubungan dengan covid dan pcr :

Demikian artikel mengenai apa itu alat swab test, fungsi alat swab test, harga alat swab test, cara menggunakannya. Semoga bisa membantu anda mengetahui mengenai gambaran alat swab tools dalam pemeriksaan virus corona. Sekian dan tentu saja, terima kasih.

Ditulis oleh : ALA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat