Alat Real Time PCR – Instrument Utama Uji COVID19

Alat Real Time PCR – Halo labs, gimana kabar anda? semoga dalam keadaan sehat selalu bersama keluarga ya. Pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang “Alat Real Time PCR, Instrument Utama Uji COVID19. Point pembahasan artikel ini akan mengacu pada apa itu alat real time pcr, hubungan alat real time pcr dan pemeriksaan covid, spesifikasi alat real time pcrkisaran harga alat real time pcr dan gambar alat real time pcr. Perlu anda ketahui, PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual alat real time pcr dan reagen pcr. Untuk kemudahan konsultasi silahkan hubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

alat-real-time-pcr-distributor-alat-laboratorium

Apa Itu Alat Real Time PCR

Oke, kita mulai dari apa itu alat real time pcr? supaya para pembaca awam mengerti jalan cerita uji covid ini dari awal. Real Time PCR adalah sebuah alat laboratorium yang biasa digunakan untuk uji DNA dan RNA. Alat ini masuk kedalam kategori specific laboratory equipment karena membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Beberapa orang sering menyebutnya mesin pcr atau mesin real time pcr. Secara umum alat ini bekerja dengan prinsip perbanyakan DNA atau RNA. Jika anda mempelajari alat ini lebih dalam, akan menemui istilah amplifikasi dna, denaturasi, annealing, elongasi, primer, basa nukleotida dan lainnya. Kepanjangan PCR adalah Polymerase Chain Reaction, karena cukup panjang jika disebutkan Real Time Polymerase Chain Reaction, banyak orang menyingkatnya menjadi RT-PCR. Penjelasan mengenai pengertian pcr akan saya lewati. Jika ingin membaca secara teknis, silahkan baca disini : PCR –  Polymerase Chain Reaction

Hubungan Alat Real Time PCR dan Pemeriksaan Covid

Sebuah pertanyaan awal, lalu apa hubungan antara real time pcr dengan uji covid19?. Dalam versi yang paling sederhana, kita tahu bahwa COVID19 merupakan wabah yang disebabkan oleh virus. Virus pastinya memiliki DNA dan RNA. Karena ini virus jenis baru maka belum ada standar baku untuk mengidentifikasi seseorang terinfeksi atau tidak virus tersebut. Nah, cara yang paling ideal untuk mengidentifikasi seseorang terinfeksi virus Corona ialah dengan menganalisa sample swab testnya. Alat real time pcr menjadi paling ideal karena mengidentifikasi virus berdasarkan DNA dan RNA.

Dari penjelasan di atas, apakah sudah mulai ada gambaran kemana fungsi alat real time pcr? Jika belum, maka ayo kita pahami sedikit lagi. Setiap makhluk hidup memiliki susunan DNA dan RNA, virus juga memiliki susunan DNA dan RNA. Seseorang yang terinfeksi virus corona akan terkandung virus pada sample dahaknya. Nah, sample dahak ini yang diambil dengan swab test, dan kemudian di proses sehingga bisa dianalisa dengan Real Time PCR.

Informasi penting lainnya mengenai alat real time pcr adalah tidak dapat bekerja sendiri untuk uji sample covid19. Maksudnya gimana? Jadi, sebagai instrument laboratorium untuk uji covid19, real time pcr tidak bisa bekerja sendiri, karena dibutuhkan proses preparasi sample terlebih dahulu. Beberapa alat laboratorium yang lainnya perlu ada dalam proses pemeriksaan uji covid ialah:

  • Extraction System
  • Bio Safety Cabinet
  • Laminar Air Flow
  • Mikropipet
  • Refrigerator
  • Freezer
  • Autoclave, dll.

Daftar alat diatas tidak diulas pada artikel ini, jika anda membutuhkan konsultasi lebih lengkap mengenai pembuatan laboratorium untuk uji covid silahkan menghubungi PT. Andaru Persada Mandiri di nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740.

Spesifikasi Alat Real Time PCR

Pembahasan mengenai spesifikasi alat real time pcr ini penulis bahas secara umum ya. Artinya, hanya informasi umum yang sering ditanyakan atau perlu anda ketahui sebelum memiliki alat ini. Bagi anda yang lebih ahli atau memiliki pengalaman lebih silahkan bantu penulis dengan mengisi kolom komentar ya.

Alat real time pcr bekerja dengan metode menaik-turunkan suhu dalam cycle tertentu, sehingga proses amplifikasi DNA berjalan sesuai algoritma. Bagi para teknisi mungkin akan familiar dengan istilah heater dan peltier. Bagi anda yang masih awam cukup ketahui jumlah wells untuk setiap instrument. Wells merupakan kapasitas jumlah sample dalam satu kali running alat pcr. Selain jumlah wells, spesifikasi yang perlu anda ketahui adalah waktu running alat. Kisaran lama waktu running alat real time pcr berada di 120 menit. Nah, dari 2 spesifikasi ini(jumlah wells dan waktu running), anda akan mengetahui pcr dibagi menjadi 2 jenis, yakni : real time pcr statis dan mobile pcr.

Real Time PCR Statis

Merupakan jenis pcr dengan jumlah wells yang banyak, biasanya terdapat pilihan 48 atau 96 wells. Lama waktu running untuk sekali proses berkisar 120 menit. Mengacu pada jumlah wells dan lama waktu running, pcr jenis ini bisa menguji 1152 sample per hari.

Mobile PCR

Adalah jenis pcr dengan jumlah wells yang sedikit, biasanya hanya 1 wells sekali running. Kisaran lama waktu running sekitar 30 menit. Beberapa orang sering menyebutnya iponatic pcr. Kisaran jumlah pemeriksaan sample menggunakan pcr jenis ini hanya sekitar 48 sample per hari.

Nah, dari penjelasan mengenai jenis pcr tersebut tentu kita jadi mengerti real time pcr statis ideal digunakan untuk pemeriksaan dalam jumlah banyak. Berikut ini penulis sertakan spesifikasi teknis alat real time pcr :

spesifikasi-alat-real-time-pcr-pt-andaru-persada-mandiri

Berikut adalah beberapa fitur umum yang perlu anda ketahui :

  1. Powerful peltier technology
  2. T-optical technology
  3. Articulating display screen
  4. Synchronous detection
  5. self-containd touch screen
  6. Patented optical design
  7. Long life LED
  8. Gradient function remote control
  9. Drawer design
  10. Lifetime free for software upgraded

Informasi penting lainnya mengenai alat real time pcr ini ialah bersifat open system, yang artinya bisa menggunakan banyak jenis reagen. Salah satu reagen yang sudah rutin digunakan untuk pcr ini adalah dari sansure biotech. Reagen sansure biotech adalah salah satu reagen yang digunakan oleh BNPB. Penulis menawarkan solusi lengkap instrument dan reagen untuk pemeriksaan covid.

Kisaran Harga Alat Real Time PCR

Beberapa diantara anda mungkin membutuhkan informasi kisaran harga real time pcr untuk merancang anggaran biaya atau bahkan butuh segera melakukan pembelian. Nah informasi penting lagi untuk anda, jika diantara anda berasal dari rumah sakit rujukan pemeriksaan covid, maka bebas pajak dengan melampirkan dokumen tertentu. Balik lagi ke kisaran harga pcr, alat ini memiliki harga yang cukup terjangkau, sekitar 590 jutaan. Harga ini tentunya menjadi penawaran spesial untuk anda, karena dalam paket pembelian sudah termasuk installasi, training penggunaan dan garansi.

Penulis berharap dengan menyampaikan penawaran spesial ini bisa membantu pihak swasta maupun pemerintah melakukan pemeriksaan dalam jumlah yang banyak.

Gambar Alat Real Time PCR

Berikut adalah beberapa gambar alat real time pcr yang sudah di install pada instansi swasta :

real-time-pcr-pt-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium-gambar4

real-time-pcr-pt-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium-gambar3

real-time-pcr-pt-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium-gambar2

real-time-pcr-pt-andaru-persada-mandiri-distributor-alat-laboratorium-gambar1---Copy

Daftar Artikel Berhubungan

Berikut adalah daftar artikel lainnya yang bisa anda baca dan berhubungan dengan covid dan pcr :

Demikian artikel mengenai “Alat Real Time PCR – Instrument Utama Uji COVID19, semoga bisa membantu memberikan informasi yang tepat mengenai alat real time pcr. Pastikan untuk menghubungi nomer : (0251)7504679 atau whatsapp : 087777277740 untuk kemudahan komunikasi dengan tim ahli. Sekian dan tentu saja, terima kasih.

Ditulis Oleh : YAP

2 Comments

  1. Penjelasan mengenai alat ekstraksi NATCH CS Extraction System ,reagen ekstraksi nya open system atau closed system. Bisa di Mix dgn alat RT PCR merek lain.

    1. Baik bu, terima kasih banyak ibu sudah berkomentar di website kami.
      Untuk diskusi lebih detail akan dilanjutkan oleh tim ahli kami ya bu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat