Alat Genose – Mengenal Alat GeNose Untuk Screening Covid19

Alat genose merupakan tools yang digunakan untuk screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang “Mengenal Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Artikel ini merupakan artikel versi singkat dari artikel utama yang membahas tentang alat genose c19. Jika anda ingin membaca artikel lebih lengkap silahkan klik tautan berikut : GeNose – Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19. Yuk kita lanjut pembahasannya.

PT. Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium menjual alat genose untuk kebutuhan anda. Alat genose biasanya digunakan di terminal, bandara, pelabuhan, stasiun, bioskop, tempat wisata, tempat hiburan, rumah sakit dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Tersedia demo unit jika anda ingin melihat terlebih dahulu. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Mengenal Alat Genose

Oke, pembahasan kita mulai dari apa itu genose ya. Ini mungkin jadi pertanyaan paling awal bagi anda yang belum pernah melihat alat genose. Genose adalah alat screening cepat untuk mendeteksi infeksi Sars-Cov2 melalui hembusan nafas. Genose merupakan kepanjangan dari Gadjah Mada Electronic Nose, salah satu alat yang dikembangkan oleh kampus Gadjah Mada Yogyakarta. Alat ini merupakan pengindera elektronik cerdas yang terdiri dari beberapa system, yakni :

  • Larik sensor
  • Akuisisi data termasuk sistem aliran udara
  • Pengenal pola berbasis AI(artificial intelligence)
mengenal-alat-genose-untuk-screening-covid19
Bentuk Alat Genose Untuk Screening Covid19

Melihat bentuk secara umum, genose memiliki ukuran seperti mini pc, sekitar 25 x 14 x 10 cm. Didominasi oleh warna putih dan biru, terdapat logo bertuliskan GeNose C19 pada bagian atas. Pada bagian depan terdapat layar sederhana berukuran sekitar 4 inchi. Pada alat genose terdapat beberapa socket untuk kabel konektor dengan komputer, power supply, beberapa inlet dan outlet.

Seperti electronic nose pada umumnya, Genose dikhususkan sebagai alat untuk mendeteksi, membedakan, dan mengklasifikasi sampel berdasarkan bau atau aromanya. Genose menggunakan sepuluh sensor gas berbahan metal oxide semiconductor (MOS). Perangkat genose secara umum merupakan alat deteksi aroma dengan larik sensor gas untuk mendeteksi/mengukur aroma sampel, seperti fungsi dari spektroskop FTIR yang mendeteksi interaksi sampel dengan gelombang infrared (IR) menggunakan sensor IR.

Baca juga : Informasi Lengkap Alat Lab PCR

Keunggulan Genose

Beberapa keunggulan genose yang penulis ketahui dalam hal screening sample diantaranya:

  • Realibilitas tinggi karena menggunakan sensor yang dapat dipakai hingga ribuan sample dalam jangka yang lama
  • Tidak menggunakan reagen dan bebas bahan kimia
  • Biaya test lebih terjangkau
  • Non-invasif karena hanya menggunakan nafas
  • Hasil pembacaan relatif cepat

Versi terbaru genose adalah GeNose C19-S, merupakan perangkat genose yang dikombinasikan dengan software Ai yang terlatih untuk membedakan sampel nafas positif covid-19 atau negatif covid-19. Keunggulan GeNose C19-S adalah pengujian yang cepat, persiapan sederhana, analisis mudah, dan pengoperasian mudah.

Pada beberapa informasi mengenai genose , kita sering menemukan istilah AI atau Artificial Intelligence. Apa sih artificial intelligence itu? Secara sederhana artificial intelligence adalah kecerdasan buatan yang diterapkan pada suatu hardware atau perangkat keras atau mesin. Nah artificial intelligence ini terhubung dengan sensor-sensor yang terdapat di alat genose sehingga dapat memprediksi mana hembusan nafas yang mengandung virus corona dan mana yang tidak.

Mekanisme alat genose tentu saja berbeda dengan alat pcr dan rapid test dalam mendeteksi sample. Pembahasan mengenai perbedaan mekanisme genose, pcr dan rapid test akan penulis bahas pada bagian tanya jawab seputar alat genose c19 ya.

Ditulis oleh : YAP

Sampai disini dulu pembahasan mengenai “Mengenal Alat GeNose Untuk Screening Covid19“. Apa anda sudah memiliki gambaran mengenai apa itu genose? Artikel selanjutnya kita masih membahas seputar alat genose ya. Sekian dan tentu saja terima kasih.

WhatsApp chat