Mengenal Istilah Transmisi dan Mutasi Pada Covid-19

Mengenal Istilah Transmisi dan Mutasi Pada Covid-19 – Istilah transmisi dan mutasi semakin sering kita dengar. Di berbagai artikel terkait covid-19, kedua istilah tersebut tidak pernah ketinggalan. Apa sih arti dari transmisi dan mutasi pada covid-19? Bagi anda yang penasaran, simak ulasannya berikut ini ya.

Ilustrasi Corona

Pengertian Transmisi Pada Covid-19

Transmisi covid-19 merupakan jalur atau media penyebaran suatu virus. Media yang menjadi sumber penyebaran pun bermacam-macam, diantaranya transmisi udara dan permukaan benda. Seperti apa yang dimaksud dengan kedua transmisi tersebut? Berikut ulasannya.

Sebelum lanjut ke pembahasan, jika anda memiliki kebutuhan terkait alat laboratorium yang digunakan sebagai covid solution seperti  PCR, PT Andaru Persada Mandiri sebagai distributor alat laboratorium  juga menyediakan berbagai kebutuhan tersebut. Untuk pertanyaan dan diskusi lebih lanjut, anda bisa hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat kami sertakan di googlemaps.

Transmisi Udara

Beberapa penelitian pernah menyebutkan bahwa  virus dapat hidup di udara hingga 3 jam, termasuk virus covid-19. Inilah mengapa kita diwajibkan untuk memakai masker ketika berkegiatan di luar ruangan selama masa pandemi covid-19. Hal ini bukan tanpa alasan, karena virus yang ada di udara dapat masuk ke paru-paru jika seseorang menghirup udara yang mengandung virus itu. Sehingga, memakai masker yang baik dan benar menjadi cara yang dapat dilakukan untuk menghindarinya. Dan terkait ini, para ahli pun masih menyelidiki atas seberapa sering virus menyebar melalui jalur udara dan seberapa besar penyebarannya.

Transmisi Permukaan Benda

Selanjutnya ada transmisi pada permukaan benda. Yang dimaksud dengan transmisi pada permukaan benda adalah, virus tersebut menetap pada benda yang tersentuh oleh seseorang yang terkena virus batuk atau bersin. Hal ini bisa saja terjadi, terutama ketika anda tidak sengaja menyentuh meja atau gagang pintu yang terkontaminasi, lalu menyentuh hidung, mulut, atau mata. Itulah sebabnya di masa pandemi ini pula kita diwajibkan menjalankan kebiasaan baru mencuci tangan, atau bisa dengan menggunakan hand sanitizer. Seperti yang kita tahu, virus dapat hidup di permukaan seperti plastik dan baja tahan karat selama 2 hingga 3 hari. Untuk menghindari hal ini terjadi, bersihkan dan desinfeksi semua meja dapur dan permukaan lain yang anda dan keluarga sentuh beberapa kali sehari.

Apa Itu Mutasi Pada Covid-19 ?

Mutasi memang menjadi kata yang sangat sering terdengar setelah transmisi belakang ini. Sebelumnya, mungkin anda pun sudah familiar dengan kata-kata ini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mutasi?

Mutasi adalah perubahan kecil dalam susunan genetik virus yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Pertanyaannya, mengapa virus itu bermutasi?  Yang perlu diketahui, virus tersebut bermutasi agar dapat bertahan hidup. Dengan melakukan mutasi, virus dapat mengelabui sistem kekebalan tubuh inangnya. Mutasi juga membuat virus semakin kuat dan lebih mudah berkembang biak.

Varian yang merupakan hasil mutasi diantaranya ada alpha, beta, gamma, delta, delta plus, dan yang terbaru adalah varian Mu. Jika anda penasaran dengan varian Mu, bisa baca artikel ini ya ” Fakta Terkait Corona Varian Mu “.

Baca Juga : 6 Cara Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang sedang membaca ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M ya, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel mengenai ” Mengenal Istilah Transmisi dan Mutasi Pada Covid-19 “. Bagaimana menurut anda? Boleh bagikan pendapatnya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat laborians!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat