Berapa Lama Waktu Screening Alat GeNose

Lama Waktu Screening Alat GeNose? – Halo sobat alat laboratorium. Sebelumnya saya mau tanya nih, apakah sobat semua sudah mendengar tentang alat GeNose? Apa sih GeNose itu? Pada artikel kali ini kita akan mengulasnya sobat. Yuk kita lanjut baca.

menghembuskan nafas ke kantong genose
Estimasi Lama Waktu Screening Alat Genose

Salah satu distributor yang menjual alat genose adalah PT. Andaru Persada Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp : +6287777277740 atau Tel : (0251) 7504679. Tersedia demo unit jika anda ingin melihat terlebih dahulu. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

GeNose adalah alat screening covid, yang ditemukan dan dikembangkan oleh peneliti UGM yakni Prof. Kuwat Triyana yang berbasis hembusan napas. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi senyawa Volatile Organic Compound (VOC), yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 dan keluar bersama udara melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus. Memangnya, apa itu VOC?

Baca juga : Jual Genose Harga Distributor, Paket Ekonomis dan Lengkap

VOC atau Volatile Organic Compund adalah senyawa organik yang mudah menguap, atau bisa dibilang senyawa organik yang memiliki tekanan uap tinggi pada suhu ruangan. Setelah itu, hembusan nafas diidentifikasi melalui sensor-sensor, yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (AI). AI inilah yang menjadi penentu adanya hasil positif atau negatif, data tersebut akan terlihat pada layar monitor yang digunakan.

Lama Waktu Screening Alat Genose

Seperti yang kita tahu, pengujian covid dengan PCR memakan waktu yang tak sebentar, hasilnya baru bisa keluar setelah 3 jam atau bahkan 2 hari kemudian. Begitu juga dengan swab antigen, pengujian ini bisa memakan waktu sekitar 1 jam. Lalu, berapa lama waktu screening alat genose untuk satu sample?

Ini dia, GeNose memiliki waktu pengujian paling cepat diantara yang lainnya. Yakni sekitar 1 menit. Karena cepat inilah, penggunaan alat GeNose dirasa bisa menjadi pilihan. Kenapa bisa cepat? Karena dalam prosesnya, kita hanya perlu menghembuskan napas ke dalam kantong hingga penuh, dimana nantinya kantong tersebut akan dihubungkan ke main unit genose melalui hepa filter. Proses analisa sample akan dilakukan oleh sensor dan sistem AI. Output yang dihasilkan alat genose berupa hasil positif ataupun negatif dan kurva-kurva sensor pembaca.

Baca juga : Info Lengkap Alat GeNose Untuk Screening Covid19

Secara umum lama waktu screening alat genose hanya membutuhkan waktu 1 menit saja, namun pada prakteknya terdapat waktu yang perlu disediakan untuk proses flushing dan cleaning hepa filter. Pembahasan mengenai hal ini penulis bahas pada artikel lainnya ya.

Genose Tidak Bisa Menggantikan PCR

Yang perlu diingat, tes GeNose ini tidak bisa menjadi pengganti dari uji pcr, karena memang perbedaan metode antara GeNose dan uji pcr. Swab pcr menggunakan sample nasofaring, sedangkan genose hanya menggunakan sample nafas. Adapun hasil positif dari genose ini tidak bisa langsung menjadi patokan seseorang terinfeksi covid19. Mungkin saja beberapa waktu sebelum pengambilan sample nafas pasien makan, minum atau merokok. Untuk pengujian lebih akurat bisa dilakukan dengan swab test pcr atupun antigen.

Meski begitu, screening dengan GeNose bisa menjadi pilihan dan lebih ekonomis dibanding dengan alat PCR. Apalagi kini, GeNose menjadi syarat keberangkatan pada perjalanan menggunakan kereta api. Jadi, dengan waktu pengujian dengan alat GeNose c19 yang 1 menit ini, bisa menjadi pilihan untuk screening covid di tempat atau suatu acara sobat, dan tentunya jika nanti ada yang positif setelah uji GeNose, harus ditindaklanjuti dengan uji pengulangan setelah 30 menit atau swab pcr.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel tentang “Berapa Lama Waktu Screening Alat GeNose“, jika ada sobat semua yang pernah melakukan uji covid-19 dengan GeNose, bisa bagikan pengalamannya di kolom komentar ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat terus sobat alat laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Konten dalam website ini memiliki hak cipta, verifikasi untuk izin penggunaan.
WhatsApp chat